FIKES UNITRI KIRIMKAN 10 MAHASISWA SEBAGAI TIM VAKSINATOR VAKSIN MASSAL

24 August 2021

Malang- Sebanyak 10 orang mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang diikutsertakan sebagai tim screening/vaksinator dalam kegiatan Vaksinasi Massal yang diadakan oleh Pemerintah Kota Malang. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari dimulai pada tanggal 07-08 Agustus 2021 dan bertempat di Stadion Gajayana Malang.

Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi UNITRI khususnya Dewan Pengurus Komisariat (DPK) FIKES UNITRI di bawah naungan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Malang yang menindaklanjuti surat Walikota kepada kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang terkait bantuan tim vaksinator. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Arie Jefry Ka’arayeno, S.Kep., M.Kep., Ns.Sp.Kep.MB,

“Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi FIKES UNITRI sebagai anggota DPK PPNI. Setelah berkoordinasi dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kota Malang, FIKES UNITRI mengirim mahasiswa untuk berkontribusi dalam kegiatan vaksin bagi masyarakat Kota Malang. Jadi mahasiswa mewakili DPK PPNI Fikes UNITRI sebagai bagian dari anggota DPD PPNI kota Malang dan bentuk kontribusi Mahasiswa Keperawatan FIKES UNITRi sebagai bagian dari Masyarakat Kota Malang dalam masa Pandemi saat ini” ungkapnya.

Adapun persyaratannya yakni mahasiswa bisa menggunakan alat tensi, bisa memeriksa tanda vital kemudian sudah melakukan vaksin. Mahasiswa yang terpilih akan membantu para nakes atau tenaga kesehatan lain dalam melakukan screening Kesehatan. Tujuannya agar mengetahui calon vaksinator dalam kondisi baik dan sehat atau dalam keadaan sakit dan layak menerima vaksin. Kemudian memeriksa calon vaksinator ini memiliki riwayat penyakit sebelumnya seperti hipertensi, diabetes, asma,sesak dan atau pernah melakukan atau menerima tranfusi darah. Tak perlu khawatir, mahasiswa yang ikut dalam kegiatan vaksinasi ini juga disiapkan Alat Pengaman Diri (APD) Lengkap seperti masker medis, pelindung muka, penutup kepala atau head cap, dan baju pelindung atau skort medis dari Fakultas Ilmu Kesehatan UNITRI sehingga mahasiswa pun dapat aman dari risiko penularan.

Sementara itu, koordinator kelompok Jeri Germani Umbu Tamu mengaku bahwa ia bersama teman-teman mahasiswa lainnya sangat bersemangat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain menambah wawasan juga dapat menambah pengalaman mengingat mereka turun langsung ke lapangan untuk berinteraksi langsung dengan pasien.

Jeri juga berpesan jika ingin mencari pengalaman dalam bidang Kesehatan, jangan melihat seberapa besar kita diberi tetapi lihatlah seberapa besar kita memperoleh hasil (ilmu). Karna setiap pengalaman yang diperoleh akan memberikan hasil yang memuaskan dan berharap agar pandemi ini cepat berlalu sehingga dapat beraktivitas seperti biasanya. Mereka juga berpesan agar tetap menjaga Kesehatan dan mematuhi protokol Kesehatan. (HUMAS)

Posted in Berita by Swaidatul Masluhiya AF

Leave a Comment