FIKES UNITRI ADAKAN SEMINAR UPGRADING METODE PENELITIAN DOSEN

30 August 2018

Peningkatan mutu penelitian nampaknya sudah menjadi salah satu hal penting bagi dosen di Indonesia, tidak terkecuali di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Guna menyempurnakan salah satu aspek dalam tridharma perguruan tinggi tersebut, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (FIKES UNITRI) mengadakan kegiatan Seminar Pengembangan Metodologi Penelitian Untuk Dosen dengan tema “Upgrading Metode Penelitian”, Sabtu (25/8).

Kegiatan internal tersebut menghadirkan narasumber asal FKKMK UGM, departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi, Bayu Satria Wiratama, S.Ked., MPH.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Zaky Soewandi A, M.Kep., Ns, menjelaskan acara hari ini diadakan guna menyamakan persepsi pada rekan akademis di bidang kesehatan UNITRI dan sekaligus menjadi acuan untuk lebih meningkatkan mutu penelitian dosen, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Kami berharap, kedepan, rekan dosen dapat terus meningkatkan kualitas penelitian, sehingga hal tersebut dapat ditularkan kepada mahasiswa. Selain itu, semoga semakin banyak peningkatan dalam membimbing mahasiswa dengan metode yang sama.” Ujarnya kepada Humas.

Pemateri dalam kegiatan tersebut, Bayu Satria Wiratama, S.Ked., MPH membagi berbagai materi terkait esensi perbedaan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif, Mix Method, hingga perbandingan metode Statistik Bivariate dan Multivariate. Menurutnya, materi-materi tersebut merupakan dasar bagi pengembangan metodologi penelitian dosen. Ia menambahkan, proses riset dalam penelitian baik berupa kuantitatif maupun kualitatif perlu dipahami oleh seluruh peneliti agar peneliti dapat menentukan arah dari penelitian yang dilakukan.

“Seperti riset kuantitatif, biasanya mereka menjelaskan suatu fenomena dengan melakukan pengumpulan data yang biasanya angka, kemudian hal tersebut dibuktikan, dan dicocokkan dengan teori. Sementara kualitatif berusaha menjelaskan detail apakah yang menyebabkan terjadinya suatu fenomena dengan melakukan pengumpulan data yang biasanya berupa teks. Semakin banyak informasi semakin bagus hasilnya. Setelahnya biasanya penelitian membentuk sebuah teori atau hipotesis.” Tambahnya kepada audiens.

Seperti diketahui, seminar Pengembangan Metodologi Penelitian Untuk dosen tersebut merupakan program kerja dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 28 dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UNITRI. Tak lupa, Dekan FIKES UNITRI juga turut hadir dalam acara tersebut.

(Sumber: HUMAS)

Posted in Kegiatan by tantryajeng

Leave a Comment