HMKEP UNITRI HADIRKAN KETUA AIPNI DALAM ACARA KULIAH TAMU

1 May 2018

Himpunan Mahasiswa Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang (HMKEP UNITRI) adakan kuliah tamu dengan tema “aktualisasi perawat dalam dunia keperawatan”, Jumat(16/03). Menariknya, acara yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR UNITRI) tersebut, untuk pertama kali mendatangkan Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), Dr. Muhammad Hadi SKM. M.Kep sebagai pemateri.

Ketua Pelaksana Acara, Marwa Rumalutur mengatakan, acara ini menarik perhatian yang mayoritas mahasiswa keperawatan UNITRI. Hal tersebut terbukti dari banyaknya peserta yang mendaftar, sedangkan waktu pendaftaran hanya difokuskan selama satu minggu saja. “kami mulai membuka pendaftaran pada 10 Maret 2018, dan menargetkan seratus mahasiswa keperawatan dapat ikut andil dalam acara ini. Ternyata pendaftar acara ini banyak menarik perhatian hingga pendaftar mencapai 220 peserta. Kami senang sekali.” Sementara, peserta dalam acara tersebut banyak didominasi oleh mahasiswa keperawatan semester 2, 4, 6, hingga 8 dan undangan yang hadir berasal dari semua ketua Himaprodi UNITRI dan dosen-dosen UNITRI.
Kuliah tamu yang merupakan kegiatan tahunan HMKEP UNITRI sebenarnya banyak di fokuskan pada pelatihan, pendidikan dan pelatihan mahasiswa khususnya mahasiswa Keperawatan agar dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di kelas dan mendapatkan gambaran di lapangan. Untuk itu, tema kali ini berkaitan dengan aktualisasi perawat dalam dunia keperawatan.

Ketua AIPNI, Dr. Muhammad Hadi SKM. M.Kep mengungkapkan, profesi perawat sangat dibutuhkan hampir di segala institusi kesehatan. Ia banyak menjelaskan tugas perawat di dunia kerja dan isu dari profesi keperawatan. “Seorang perawat harus mampu mengaktualisasikan peran dan tugasnya sebagai perawat di lapangan karena hal tersebut jelas akan berbeda dengan teori. Makanya kuliah semacam ini penting.” Tegas beliau kepada Humas.

Melalui kuliah tamu ini, Ketua AIPNI yang juga merupakan pembina dari Asosiasi Perawat tersebut juga memaparkan bahwa Ia sangat bangga dapat membagi ilmu di UNITRI dan melihat antusias mahasiswa keperawatan di UNITRI yang luar biasa.

Sementara itu, Wakil Ketua HMKEP, Anggi Nurwulandari menjelaskan, dalam waktu dekat, HMKEP UNITRI juga akan menyelenggarakan acara lain seperti Seminar Regional di bulan April, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Lomba, hingga Seminar Nasional dengan mendatangkan pemateri dokter dan pekerja lapangan ICU. (Humas)

Posted in Berita by W Metrik

Leave a Comment